Banner 160x600

PCINU Arab Saudi Peringati Isra’ Mi’raj dan Pengukuhan Kepengurusan

banner 120x600
banner 468x60

JEDDAH, PCINU Arab Saudi

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Arab Saudi memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang dirangkai dengan pengukuhan kepengurusan masa khidmat 2022-2024. Acara ini digelar di Kantor Sekretariat PCINU Arab Saudi, Jeddah, Jum’at (04/03/2022).

banner 325x300

Rais Syuriyah PCINU Arab Saudi Dr KH Ahmad Fahmy Al-Anfanany, Ketua Tanfidziyah PCINU Arab Saudi KH Imron Suaidi Masyhudi, para pengurus PCINU Arab Saudi, serta warga nahdliyin yang mukim di Jeddah, Makkah, dan Madinah, hadir dalam acara tersebut. Peringatan hari besar Islam menjadi agenda rutin yang diselenggarakan PCINU Arab Saudi.

Ketua Panitia Pelaksana, H Ahmad Thobibuddin Al Njajary, mengatakan setiap tahun PCINU Arab Saudi menggelar acara peringatan Isra’ Mi’raj. “Kali ini sekaligus untuk pengukuhan PCINU Arab Saudi periode 2022-2024,” jelas Kaji Thobib, sapaan akrab pria asal Gresik yang didapuk menjadi sekretaris tanfidziyah.  

Peringatan Isra’ Mi’raj bertemakan “Spirit Isra’ Mi’raj Menguatkan Kecintaan dan Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW.” Doktor Fahmy menyampaikan mauidzah hasanah tentang hikmah dari peristiwa sra’ dan Mi’raj yang dijalani Nabi Muhammad SAW ribuan tahun silam. Isra’  perjalanan malam, sedangkan Mi’raj adalah naik ke atas dengan tangga.

Isra’ dan Mi’raj adalah diperjalankannya Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT di malam hari, dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan Mi’raj adalah dinaikkannya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha. 

“Peristiwa Isra’ Mi’raj adalah perintah dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya untuk menjalankan ibadah sholat. Sholat adalah ibadah yang sangat penting. Sebegitu pentingnya sehingga jika seseorang tak mampu berdiri, maka boleh sambil duduk. Jika tak mampu duduk, boleh sambil berbaring. Bahkan jika tak mampu berbaring, diperbolehkan dengan isyarat,” urai Doktor Fahmy.  

Diakhir acara, Ketua Tanfidziyah PCINU Arab Saudi KH Imron Suaidi Masyhudi mengumumkan dan mengukuhkan struktur kepengurusan PCINU Arab Saudi masa khidmat 2022-2024 hasil konferensi beberapa waktu lalu.

Kiai Imron mengungkapkan sejumlah rencana dalam kepengurusan PCINU Arab Saudi mendatang. Salah satunya membentuk kepengurusan Jamiyyah Qurra wal Huffadz (JQH-NU) Arab Saudi sebagai salah satu badan otonom yang dimiliki Nahdlatul Ulama. (***) 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *