Banner 160x600

Istighotsah dan Sarasehan Haul Gus Dur ke-11 di MIJ

banner 120x600
banner 468x60

Jeddah, PCINU Arab Saudi
Salah satu agenda rutin PCINU Arab Saudi beserta Banom pada setiap akhir tahun yaitu Haul Gus Dur. Oleh karena saat ini masih ada pandemi covid-19, maka Haul Gus Dur ke-11 tahun ini dilakukan secara terbatas hanya dihadiri oleh para pengurus serta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada. Acara dilaksanakan hari Jumat siang tanggal 25 Desember 2020 di Masjid Indonesia Jeddah (MIJ).

Pelaksanaan haul berlangsung khidmat walaupun secara sederhana, diawali dengan pembacaan Istighotsah bersama, memanjatkan doa untuk Almaghfurlah Gus Dur dan para Muassis Nahdlatul Ulama serta doa untuk kebaikan bangsa Indonesia. Pembacaan Istighotsah dipandu oleh H. Kholil Ghozali salah satu Wakil Ketua PCINU Arab Saudi.

banner 325x300

KH. Imron Masyhudi selaku Ketua PCINU Arab Saudi dalam sambutannya mengenang sosok Gus Dur yang dekat dengan nahdliyin di Jeddah terutama alm. kyai Ahmad Fuad. Pasca pemilu 99 Gus Dur yang berkunjung ke Jeddah merekomendasikan agar wacana pembentukan pengurus NU Arab Saudi diajukan ke forum muktamar NU Lirboyo tahun 1999. Dalam pembahasan muktamar disetujui adanya pembentukan pengurus NU di luar negeri dan ditetapkan dengan nama PCINU (Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama), yang mana kemudian tahun 2000 PCINU Arab Saudi dikukuhkan sebagai kepengurusan cabang istimewa NU pertama di luar negeri.

Nara sumber dalam acara sarasehan ini yaitu salah satu Mustasyar PCINU Arab Saudi Dr. H. Endang Jumali, M.Si yang menjabat sebagai Konsul Haji KJRI Jeddah, menyampaikan ringkasan biografi Gus Dur mulai dari masa kecil hingga menjadi seorang intelektual muda di tahun 1970an. Lontaran gagasan dari Gus Dur yang sering membuat surprise pada akhirnya menjadi semacam stimulus yang mendorong para intelektual untuk memperluas wawasan keagamaan maupun sosial di Indonesia.

Acara yang dipandu MC Hafifi Muhajir tersebut juga dihadiri oleh Konsul Imigrasi KJRI Jeddah H. Ahmad Zaeni selaku A’wan PCINU Arab Saudi dan Ibu-ibu Muslimat NU Arab Saudi serta diakhiri lantunan doa oleh Rais Syuriyah PCINU Arab Saudi Dr. KH. Ahmad Fahmi Al-Anfanany.***

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *